5 Fitur yang Wajib Dimatikan pada HP Xiaomi baru agar Awet

fitur yang wajib dimatikan pada HP xiaomi baru

Fitur yang Wajib Dimatikan pada HP Xiaomi baru – Punya HP Xiaomi baru? Banyak alasan orang mengganti Ponsel androidnya, ada yang ingin mengupgrade spesifikasi hardware yang lebih tinggi, ada yang ingin mencoba vendor android lain, dll.

Survey juga berkata, pengguna smartphone Android lebih sering mengganti ponsel Androidnya, ketimbang pengguna smartphone iPhone.

Dalam kesempatan kali ini, Kodedroid akan membahas mengenai Fitur yang Wajib Dimatikan pada HP Xiaomi baru. Sehingga pengguna yang baru pindah atau baru menggunakan HP Xiaomi bisa meningkatkan performa HP dan tentunya lebih awet kedepannya.

Fitur yang Wajib Dimatikan pada HP Xiaomi baru

1. Kecerahan layar otomatis

Umumnya untuk ponsel Android baru, Xiaomi secara bawaan mengaktifkan kecerahan layar otomatis. Fitur ini akan mendeteksi kecerahan layar dilingkungan sekitar, kemudian menyesuaikan kecerahan layar di ponsel Xiaomi.

Walaupun sekilas menyesuaikan kecerahan layar untuk mata, nyatanya kecerahan layar yang diberikan oleh fitur ini, melebihi dari kecerahan layar yang pas dan nyaman.

Kenapa Kecerahan layar otomatis wajib di matikan? Jawabannya, kadangkala kecerahan layar yang diberikan tidak akurat, dan melebihi kecerahan layar atau brightness yang pas.

Misalkan jika kalian menggunakan ponsel diluar saat sedang panas matahari, fitur auto brightness akan otomatis meningkatkan kecerahan layar lebih dari 40%. Perlu kamu ketahui, kecerahan layar merupakan faktor utama yang menyebabkan baterai cepat habis.

Baca juga: 10 Tips Ampuh Menghemat Baterai Android Sampai 50% lebih Awet

Untuk mematikan kecerahan layar otomatis pada xiaomi, caranya:

  • Buka setelan “setting
  • Kemudian gulir kebawah dan tap layar “display
  • Lalu tap level kecerahan “brightness level
  • Langkah terakhir, geser dan matikan kecerahan layar otomatis “automatic brightness
  • dengan demikian kalian bisa mengatur kecerahan layar secara manual.

2. Mengurangi efek animasi dan transisi pada Xiaomi

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu animasi dan transisi pada Android Xiaomi? Animasi dan transisi ini adalah efek-efek animasi saat transisi pada android.

Seperti menggeser homescreen, membuka aplikasi, atau menutup aplikasi. Efek transisi pada HP Xiaomi antara lain slide, crossfade, tumble, page, cascade, rotate, dll.

Terkait :   3 Cara Mengatasi Gagal Update Can't verify update Pada Xiaomi

Nah, secara bawaan fitur animasi dan transisi pada HP Xiaomi memiliki nilai 1.5x. Angka tersebut terbilang besar untuk sebuah ponsel Android mid-end, walaupun tujuanya untuk memberikan user experience (UX) nyaman dan keliatan keren.

Kenapa harus mengurangi animasi dan transisi? Kenapa tidak di nonaktifkan saja? Beberapa pengguna memang menyarankan untuk menonaktifkan animasi dan transisi pada android.

Tapi sayangnya, jika fitur ini dimatikan, akan ada beberapa aplikasi yang mengalami error bahkan force close. Nah, untuk itu disarankan hanya mengurangi nilai animasi dan transisi menjadi 0.5x.

Mengurangi nilai animasi dan transisi pada HP Xiaomi, juga ampuh menghemat baterai dan mempercepat kinerja android lebih dari 30%, Lebih lengkap: Cara Menonaktifkan Animasi di Android ampuh mempercepat sampai 30%

Cara mengurangi animasi dan transisi pada HP Xiaomi :

Sebelum mengurangi animasi dan transisi di android, terlebih dahulu harus mengaktifkan opsi pengembang “developer option

  • buka setelan “setting kemudian gulir kebawah dan tap tentang ponsel “about phone
  • gulir kebawah lagi dan tap 7 kali pada MIUI version.
  • Setelah 7 kali di tap, akan ada notifikasi kalau kamu sudah mengaktifkan opsi pengembang.
  • kembali ke menu pengaturan, kemudian tap  setelan tambahan “additional settings kemudian tap opsi pengembang “developer option.
  • selanjutnya gulir kebawah, pada bagian drawing, ubah nilai window animation scale, transition animation scale, animator duration scale, menjadi 0.5x.
  • Perubahan ini tidak akan langsung terasa. Untuk itu, kamu harus me-restart ponsel Xiaomi kalian.

3. Matikan Vibrasi atau Getaran dan suara yang tidak penting

urutan ketiga fitur yang wajib dimatikan pada HP Xiaomi baru, adalah getaran dan suara tidak penting. HP Xiaomi baru secara bawaan sudah mengaktifkan getaran atau vibrasi.

Vibrasi ini selain berfungsi sebagai media pemberitahuan notifikasi terhadap pengguna HP. Juga sebagai penanda ketukan saat mengetik di keyboard android.

Beberapa pengguna mungkin ada yang menganggap keren, ketika keyboard bergetar ketika mengetik. Nyatanya fitur vibrasi ini sangat-sangat akan menggangu, dan buruknya lagi fitur ini juga membuat baterai lebih boros.

Cara mematikan getaran keyboard di HP Xiaomi:

fitur yang wajib dimatikan pada HP Xiaomi baru

  • Buka setelan “setting kemudian gulir kebawah dan tap setelan tambahan “additional settings
  • Lalu tap Bahasa & masukan “language & input
  • Selanjutnya tap pada opsi Gboard / Google keyboard, kemudian tap Preferensi “Preferences
  • Langkah terakhir matikan panel opsi getar jika tombol di tekan dan berbunyi jika tombol di tekan.
Terkait :   Cara Mengatasi lupa password Akun Mi dengan Mengganti Password baru

Selain getaran pada keyboard, kamu juga wajib mematikan getaran pada dial pad sound, vibrate on tap, screenshot sound.

Berikut caranya:

  • Buka setelan “setting kemudian gulir kebawah dan tap setelan tambahan “additional settings
  • Lalu tap suara & getaransound & vibration
  • Gulir kebawah dan matikan panel opsi, seperti gambar dibawah ini.

4. Matikan predictive text atau spell checker pada xiaomi

Fitur yang wajib dimatikan pada HP Xiaomi baru selanjutnya, adalah fitur prediksi kata dan pemeriksa ejaan. Lagi-lagi fitur ini sudah aktif dari bawaan di setiap Ponsel Baru Xiaomi.

Walaupun fungsi utama fitur ini hanya memprediksi kata saat mengetik di keyboard, nyatanya fitur ini sangat-sangat menyebalkan.

Cara mematikan prediksi kata dan pemeriksa ejaan di Xiaomi:

  • Buka setelan “setting kemudian gulir kebawah dan tap setelan tambahan “additional settings
  • Lalu tap Bahasa & masukan “language & input
  • Selanjutnya tap pada opsi Gboard / Google keyboard, kemudian tap koreksi teks “text correction”
  • Langkah terakhir matikan panel opsi Next-word suggestions, Show Suggestion Strip, dan Auto-correction.
  • secara otomatis prediksi kata atau pemeriksa ejaan tidak akan muncul lagi di keyboard HP Xiaomi kamu.

5. Hapus atau nonaktifkan aplikasi bloatware

HP Xiaomi keluaran terbaru umumnya menggunakan ROM China, bahkan ROM distributor. ROM tersebut seringkali terdapat aplikasi bawaan distributor atau china, aplikasi ini sering juga disebut bloatware.

Karena memang aplikasi tersebut hanya membuat penyimpanan memori kembung, atau penuh. aplikasnya pun beberapa tidak berguna. Nah, untuk menghemat penyimapan memori, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut.

Aplikasi bloatware apa saja yang boleh di hapus? Aplikasi apa saja, dengan ciri-ciri aplikasi tersebut berbahasa aneh (china), atau aplikasi tersebut tidak dibutuhkan seperti, clean master, MIUI forum,

Untuk Xiaomi dengan ROM Global, umumnya terdapat aplikasi bloatware bawaan dari GAPPs atau Google Apps. Beberapa aplikasi tersebut banyak yang tidak dibutuhkan, seperti aplikasi duo, google play movies, hangout, google play music.

Aplikasi bloatware google apps tersebut tidak bisa dihapus tanpa ROOT, jadi kalian hanya bisa mendisable aplikasi tersebut.

 

Demikian postingan mengenai fitur yang wajib dimatikan pada HP Xiaomi baru, dapat disimpulkan dengan menonaktifkan fitur tersebut, akan memberikan performa lebih bagus pada HP Xiaomi baru kamu, sekaligus menghemat baterai. Semoga bermanfaat, Terima kasih telah membaca artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.