3 Cara Mengatasi Gagal Update Can’t verify update Pada Xiaomi

Mengatasi Gagal Update Can’t verify update – Xiaomi adalah salah satu produsen yang memberikan update ROM kesemua produk smartphonenya, bahkan ke smartphone generasi pertamanya. Umumnya update ROM ini berisi perbaikan bug, optimisasi dan penambahan fitur baru.

Kadang mengupdate ROM MIUI tidak lah mudah bagi beberapa pengguna. Walaupun hanya sekedar menekan tombol Download Update.

Banyak yang mengalami gagal update Xiaomi via OTA dari Updater. Dengan pesan eror Tidak dapat verifikasi pembaruan (Can’t verify update)

Pada artikel ini kita akan bahas lengkap, penyebab dan solusi mengatasi gagal update Xiaomi tidak dapat verifikasi pembaruan saat update Xiaomi. Sebelum mulai, kenali dulu perbedaan ROM MIUI.

Mengenal Perbedaan ROM MIUI

Beberapa produsen smartphone memiliki kustomisasi User interface Android tersendiri. Bisa dibilang ciri khas ROM. Sebagai contoh, produsen Xiaomi dengan ciri khas ROM MIUI.

ROM MIUI resmi ini terbagi menjadi beberapa versi, masing-masing punya fungsi dan maksud khusus.

Nah, perlu kamu ketahui. Ada beberapa versi ROM yang tidak bisa langsung di update lewat updater, inilah salah satu penyebab gagal update “can’t verify update / tidak dapat verifikasi pembaruan.

Berikut ini perbedaan ROM MIUI resmi:

ROM China (Versi Stable dan Versi Developer)

ROM ini dirilis untuk regional China. Tidak ada pilihan Bahasa Indonesia (hanya Bahasa inggris dan cina). ROM ini pun tidak memiliki bawaan Google Apps (Gapps). Jadi harus menginstall Google Apps secara manual.

ROM Global (Versi Stable dan Versi Developer)

ROM ini dirilis untuk pasar Global (seluruh dunia). Mendukung banyak pilihan Bahasa, dan sudah terdapat bawaan Google Apps (GApps)

  • Versi Developer diperuntukan untuk pengguna yang ingin membantu pengembangan ROM, seperti mencoba fitur baru lebih dulu, mencari dan melaporkan Bug. Tidak heran, versi developer ini rutin mendapat update setiap minggu.
  • Versi Stable diperuntukan untuk kenyamanan penggunaan sehari hari, minim atau bahkan tanpa ada bug, inilah mengapa dinamakan versi stabil. Umumnya menerima update perbulan atau lebih.
Terkait :   6 Solusi Mengatasi tidak bisa Memutar Musik di Android

ROM Distributor, banyak dibilang sebagai ROM abal-abal.

ROM ini merupakan kustomisasi dari ROM Official MIUI, sayangnya ROM ini sudah di ubah sedemikian rupa demi kepentingan Kelompok/distributor.

Dengan ditambahkan bloatware, dan disisipi banyak iklan. Buruknya lagi, ROM distributor ini tidak bisa menerima pembaruan ROM via OTA.

Lebih lengkap: Perbedaan ROM MIUI Global, China, Distributor Pengguna Xiaomi Wajib Tahu

Penyebab gagal update can’t verify update / verifikasi pembaruan.

Mengatasi gagal update can't verify update Xiaomi1. Koneksi internet tidak stabil

Sebelum update ROM lewat OTA, aplikasi Updater akan terlebih dahulu mengunduh file update yang lumayan besar.

Nah, jika koneksi internet kalian lemot atau tidak stabil, besar kemungkinan hasil download file update akan corrupt dan rusak. Akibatnya, file update MIUI tidak dapat diverifikasi / Can’t verify update

2. Tidak cukup penyimpanan memori

Saat proses download, file update akan ditaruh di memori internal HP. Jika saat mendownload update, memori HP kalian penuh.

Bisa dipastikan download akan terhenti, dan mengakibatkan file update MIUI corrupt dan rusak.

3. HP Xiaomi menggunakan ROM distributor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ROM distributor ini sudah di modifikasi sedemikian rupa pada sistem ROM nya.

Akibatnya, HP Xiaomi gagal update MIUI dikarenakan “can’t verify update / tidak dapat verifikasi pembaruan”.

Ciri-ciri HP menggunakan ROM distributor:

  • Versi MIUI lebih dari 4 digit, contoh v7.1.9.0.0 (ROM resmi hanya terdiri dari maks 4 digit)
  • Tidak mendapat update ROM via OTA
  • Banyak aplikasi bloatware, dan sering muncul iklan tiba-tiba.

Cara mengatasi gagal update Can’t verify update / Tidak dapat verifikasi pembaruan.

Tutorial solusi gagal update ROM ini, berlaku untuk semua perangkat ponsel Xiaomi. Baik itu Redmi note lama dan terbaru, Termasuk versi MIUI 8, 9.

INFORMASI: Dimulai dari ROM MIUI versi 9.2. aplikasi Updater dipindah ke bagian pangaturan “setting”. Letaknya ada di Pengaturan > Tentang ponsel > Pembaruan sistem.

 

METODE 1: Download Ulang File Update ROM Xiaomi

Banyak penyebab gagal update Xiaomi dikarenakan file ROM Update MIUI yang rusak, solusinya adalah dengan mendownload ulang File Update ROM MIUI.

gagal update can't verify update Xiaomi

  1. Sebelum mendownload ulang, Hapus ROM yang sudah di download sebelumnya. Letaknya ada di Memori internal > downloaded_rom.
  2. Direkomendasikan mendownload menggunakan wifi, bisa juga menggunakan data seluler asalkan koneksi stabil.
  3. Buka aplikasi Updater, kemudian download ulang. Saat proses download jangan menggunakan HP sampai download selesai 100%.
  4. Jika berhasil mengatasi can’t verify update, tombol Perbarui / Download akan berubah menjadi tombol Mulai ulang sekarang / Reboot.
  5. Langkah terakhir, tekan tombol download. HP nantinya akan menginstal pembaruan. Proses pembaruan ROM MIUI umumnya memakan waktu cukup lama, dan saat booting pertama juga lumayan lama.
Terkait :   Cara Mengukur jarak antar titik Menggunakan Google Maps di Android

Jadi pastikan sebelum update ROM MIUI, baterai HP Xiaomi kamu sudah terisi minimal 50%

METODE 2: Download dan install Update ROM Xiaomi Secara Manual

Jika metode 1 masih gagal, bisa dipastikan file download masih corrupt atau rusak. Entah karena file update di blok HP atau sebagainya. Solusi kedua yakni dengan cara mendownload File Update MIUI lewat PC atau Laptop.

mengatasi gagal update can't verify update Xiaomi

  1. Hapus ROM yang sudah di download sebelumnya. Letaknya ada di Memori internal > downloaded_rom.
  2. Buka PC atau Laptop kamu, kemudian download ROM Update di http://en.miui.com/download.html. Pastikan pilih tipe HP yang kamu gunakan, lalu download ROM versi stable.
  3. Rename file .zip hasil download tersebut menjadi Update.zip . Kemudian pindahkan file tersebut ke memori internal HP kalian.
  4. Buka aplikasi Updater, tap menu (titik tiga pojok kanan atas). Kemudian tap Pilih paket pembaruan (Choose update package)
  5. Pilih file manager, kemudian pilih lokasi file update yang tadi sudah dipindahkan.

METODE 3: Instal Update ROM lewat Flashing (Instal ulang)

Jika solusi diatas masih gagal, ada solusi ampuh terakhir mengatasi gagal Update MIUI karena eror verifikasi pembaruan / can’t verify update. Yaitu dengan cara Flashing ROM.

Flasing ROM ini agak rumit dan berbahaya kalau salah. Selain itu, kondisi ROM Xiaomi harus sudah Unlock Bootloader (UBL). Insyaallah akan saya buat tutorialnya nanti.

F.A.Q mengenai update ROM Xiaomi

A: Apakah harus update, setiap ada notifikasi Update via OTA?

Q: Tergantung ROM update itu sendiri. Jika hanya minor update (pembaruan kecil), tidak perlu di prioritaskan. Sedangkan kalau major update (pembaruan besar-besaran) wajib di prioritaskan.

Direkomendasikan, selalu mengupdate ROM karena update umumnya berisi, perbaikan bug, optimisasi sistem.

A: Apakah update MIUI via OTA bisa menghapus data-data di HP?

Q: Tidak, update via OTA tidak menghapus memori atau data. Beda dengan update via Flashing yang menghapus memori dan data.

A: HP Xiaomi saya menggunakan ROM distributor, bagaimana agar bisa update ROM?

Q: ROM MIUI distributor tidak bisa di update lewat OTA. Anda harus Flashing ke ROM Global stable dahulu, agar bisa menerima dan mengupdate lewat OTA.

A: Kenapa saya menerima eror “SorryYou don’t have the permission to access the update log” saat ingin update?

Q: Eror diatas disebabkan Xiaomi menarik kembali versi update tersebut, karena beberapa alasan.

Akhir Kata

Demikian postingan mengenai cara mengatasi Gagal update can’t verify update / tidak dapat verifikasi pembaruan pada Xiaomi. Jika kalian mengalami kesulitan, silahkan tanyakan di kotak komentar. Semoga Bermanfaat.

4 KOMENTAR

  1. Saya mau tanya. Kemarin saya sudah download ulang 2 kali tidak bisa. Terus apakah saya boleh update secara manual?,terus saya juga tidak menemukan folder update Rom di penyimpanan internal saya….

    • Sudah di cek Romnya Global atau distributor? kalau Global bisa secara manual, pastiin backup dulu buat jaga-jaga, dan pilih ROM sesuai tipe Xiaomi agan

  2. Saya mau tanya kemarin saya beli hp xiaomi distributor katanya tidak boleh diupdate sebelum satu tahun pemakaian ,kalau di update nanti bahasa akan kembali ke china apakah benar itu ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.