Cara Mengukur jarak antar titik Menggunakan Google Maps di Android

mengukur jarak di Google maps android

mengukur jarak di Google maps android – Navigasi Perjalanan yang mengandalkan GPS, saat ini tidak terbatas untuk kalangan tertentu saja. Bisa dibilang saat ini semua smartphone sudah dibekali GPS untuk memudahkan navigasi.

Salah satu aplikasi navigasi yang banyak di difavoritkan adalah Google Maps. Dengan bantuan Google Maps, kita bisa menuju suatu lokasi tanpa takut lagi tersesat. Banyak kegunaan google maps selain dari penunjuk jalan atau sebagai arahan transportasi publik.

Fitur lain yang jarang diketahui adalah, kemampuan Google maps untuk mengukur jarak dari titik A ke titik B. Misalnya untuk mengukur luas tanah, atau mungkin mengukur jarak tower operator seluler (BTS) ke rumah?

Cara menghitung jarak maupun luas tanah dengan Google Maps pun cukup sederhana. Fitur ini bisa digunakan pada Google Maps versi Android ataupun iPhone.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat komputer, maupun android yang umunya sudah ada terinstal.

Mengubah Satuan Jarak pada Google Maps Android

Secara bawaan, satuan ukuran jarak yang digunakan Google Maps adalah otomatis. Jadi tidak heran ketika mencoba mengukur jarak di Google maps android, kadang ukuran jarak tampil dalam satuan miles (Mi), dan kadang dalam satuan kilometer (KM).

Agar nantinya tidak ribet dan membingungkan, lebih baik set satuan ukuran jarak menjadi kilometer (KM) saja.

Cara menggunakan satuan kilometer di Google maps:

  • Buka Google maps di android
  • Kemudian, masuk ke pengaturan (letaknya di 3 garis horizontal di pojok kiri atas)
  • Lalu, tap Satuan jarak, dan pilih Kilometer

Baca juga : 10 Tips Ampuh Menghemat Baterai Android Sampai 50% lebih Awet

 

Terkait :   Perbedaan ROM MIUI Global, China, Distributor Pengguna Xiaomi Wajib Tahu

Cara Mengukur Jarak di Google Maps di Android

Sebenarnya ada banyak aplikasi pengukur jarak di Google playstore. Namun, Kodedroid lebih menyarankan menggunakan Google maps saja, mengingat Google maps memiliki data yang lebih akurat dan selalu diperbaharui.

Untuk mengukur jarak di Google maps, umumnya kebanyakan orang hanya mengetikkan tujuan tempat, alhasil ukuran jarak akan mengikuti jalan raya.

Banyak yang belum tahu, kalau kita bisa mengukur jarak dari titik ke titik langsung, tanpa menggunakan jarak jalan raya.

Mengukur jarak titik ke titik di Google maps, biasanya digunakan untuk mengukur jarak sebuah tower selular (BTS) ke rumah untuk pointing Antena, dan lain sebagainya.

Selain itu, Mengukur jarak titik ke titik juga bisa digunakan untuk mengukur luas tanah menggunakan citra satelit Google maps, walaupun tidak 100% akurat.

Cara Mengukur Jarak titik ke titik Menggunakan Google Maps Android

1. Langkah pertama, buka aplikasi Google Maps di HP android kalian.

2. Agar lebih mudah menentukan jarak, ubah tampilan peta menjadi tampilan citra satelit. Caranya tap ikon diagonal. Lalu, pilih satelit.

3. Setelah itu, pilih titik awal pengukuran dengan cara menekan lama pada layar, sampai muncul Pin di titik tersebut.

mengukur jarak di Google maps android4. Kemudian, tap Info selengkapnya, dan tap Ukur jarak

5. Selanjutnya, gerakan ke titik akhir dengan cara menggeser peta dengan jari. Google maps akan menampilkan jarak tersebut di bagian bawah.

mengukur jarak di Google maps android

Cara Mengukur Luas Tanah Menggunakan Google Maps

Catatan: Sayangnya, untuk mengukur luas tanah atau luas bangunan. Hanya bisa dilakukan menggunakan Google Maps di komputer saja.

 

1. Langkah pertama, buka Google maps di computer dengan mengunjungi situs www.google.co.id/maps

Terkait :   Cara Mengatasi lupa password Akun Mi dengan Mengganti Password baru

2. Kemudian, telusuri lokasi tanah atau bangunan yang ingin diukur

3. Setelah itu, ubah tampilan peta menjadi tampilan citra satelit. Caranya tap  Menu. Lalu, pilih satelit.

mengukur jarak di Google maps android4. Perbesar lokasi tanah atau bangunan dengan cara scroll mouse. Selanjutnya, arahkan kursor pada salah satu titik bangunan. Klik kanan dan pilih Ukur jarak

mengukur jarak di Google maps android5. Langkah terakhir, klik kiri pada batas-batas tanah atau bangunan hingga membentuk bangun persegi. Maps Akan memunculkan perhitungan luas tanah/bangunan tersebut.

Demikian artikel mengenai cara mengukur jarak menggunakan Google Maps Android. Semoga dapat membantu anda dalam mengukur jarak maupun luas tanah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini keteman anda. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.