Nge-Charge Baterai HP lama penuh? Mengecas HP, colok ke stop kontak sambungkan ke HP, terdengar sederhana memang. Kenyataannya sangat menyebalkan ketika harus menunggu berjam-jam sampai baterai penuh, dan tidak bisa jauh dari stop kontak.

Parahnya lagi udah mau berangkat ngampus tapi baterai masih dibawah 50%..Arghhh.

Tapi tenang, di artikel ini kita akan bagikan tips nge-charge (baca: ngecas) Baterai HP Android lebih lebih cepat penuh. Dijamin baterai HP kalian akan lebih cepat mengisi daya dibawah 1 jam.

Ada banyak faktor mengapa baterai HP lama penuh ketika di charge, mulai dari kapasitas baterai itu sendiri, kualitas charger-an, dan kebiasaan ngecas buruk, semua ini akan dibahas.

Langsung aja berikut cara agar baterai android cepat penuh saat nge-charge.

baca juga:

1. Aktifkan mode pesawat “mode plane

Salah satu penghambat mengisi baterai adalah sinyal jaringan, HP akan selalu memindai untuk mendapatkan sinyal terkuat, mencari sinyal membutuhkan daya baterai.

Artinya jika di wilayah anda susah sinyal, HP akan bekerja lebih keras menangkap sinyal, dampaknya HP mengkonsumsi daya baterai lebih banyak, buruknya lagi HP jadi lebih panas.

Tips pertama nge-charge baterai HP yakni mengaktifkan mode pesawat, HP anda akan mematikan sinyal gelombang radio, dengan begitu hp memilki kemampuan mengisi daya 25% lebih cepat.

Dalam keaadaan mode pesawat ponsel anda tidak bisa menerima dan mengirim pesan. walaupun begitu mengecas dengan cara ini sangat berguna.

Jangan lupa menonaktifkan mode plane saat baterai sudah penuh.

2. Matikan HP saat mengisi baterai

Nge-Charge Baterai HP AndroidSederhana memang, terbukti di beberapa HP Android ngecas dengan cara ini lebih cepat penuh, kemampuan mengisi baterai jadi lebih cepat karena memang tidak ada proses/ operasi yang berjalan di HP.

kekurangannya anda tidak bisa menggunakan hp ataupun menerima notifikasi.

Beberapa custom rom Android ada yang tidak dapat mengecas dalam keadaan hp mati, jika anda menggunakan custom rom, selalu lihat bug dan kekurangan rom.

3. Matikan fitur yang yang tidak digunakan

Hambatan lain saat mengecas baterai adalah terdapat banyak proses yang masih berjalan, pastikan matikan fitur atau aplikasi yang tidak di gunakan saat mengecas. Seperti GPS, NFC, Wi-fi, Bluetooth.

Saat mengecas juga hindari fitur seperti auto-sync, backup, dan memperbaharui aplikasi dari playstore.

4. Kurangi brightness atau tingkat kecerahan layar

menghemat baterai androidPerlu kalian ketahui prinsip kerja layar smartphone adalah hanya bekerja menerangi piksel yang memiliki warna selai hitam.

Jadi bisa disimpulkan, mengurangi tingkat kecerahan layar dapat membantu mengisi baterai sedikit lebih cepat walaupun saat di gunakan.

5. Lepas casing HP

HP Smartpone saat ini menggunakan baterai dengan tipe sel Lithium-ion, Prinsip mengecas baterai tipe ini lebih efisien saat baterai dingin, sebenarnya semua tipe baterai juga begitu sih.

Suhu baterai saat mengecas optimalnya kisaran 5-45 derajat celcius, karena umumnya baterai menempel dengan (backdoor) body metal dibelakang.

Melepas casing HP dapat membantu mendinginkan baterai lewat udara, dan pastinya membantu anda nge-charge baterai HP lebih cepat penuh.

6. Gunakan power saving mode

Nge-Charge Baterai HP AndroidDimulai sejak Android versi lollipop hingga versi sekarang, Android memiliki fitur bawaan yaitu power saving mode alias mode menghemat daya.

Awalnya fitur ini dibuat untuk menghemat baterai, namun bisa juga dijadikan solusi untuk nge-charge HP Android lebih cepat penuh.

Power saving mode mempunyai kemampuan menonaktifkan berbagai fitur yang mengkonsumsi daya baterai seperti, GPS, auto-sync, notifikasi, dll. Dengan begitu proses mengisi daya baterai akan lebih cepat penuh.

Perlu diketahui, saat mengaktifkan power saving mode, anda tidak akan menerima push notifikasi aplikasi, kecuali anda membuka aplikasi tersebut.

Power saving mode akan otomatis dinonaktifkan saat pengisian baterai mencapai 80%

7. Gunakan Adaptor (kepala charger) yang tepat.

Nge-Charge Baterai HP AndroidNgecas hp lama penuhnya? Bisa jadi adaptor charger anda tidak tepat.

Kepala Charger atau adaptor casan memang memiliki port yang sama, tapi tidak berarti mereka sama, Tiap adaptor memiliki spesifikasi berbeda-beda, versi lama masih menggunakan output 780mA-1A.

Sedangkan untuk HP Android yang mendukung Fast Charging, dibekali adaptor charger yang mampu memberikan output 2A-3A.

Jadi jika ponsel anda mendukung fast charging, pastikan menggunakan adaptor dengan output 2A-3A.

untuk mengetahuinya silahkan liat pada bagian label adaptor anda

8. Gunakan stop kontak bukan laptop atau PC

Nge-Charge Baterai HP AndroidNge-charge baterai HP Android direkomendasikan menggunakan kepala charger “adaptor” yang dicolok langsung ke stop kontak.

Mengingat mengecas baterai HP menggunakan PC atau laptop dengan port usb 2.0 hanya mampu memberikan output 500mA, dan port usb 3.0 hanya 900mA.

Menggunakan adaptor yang langsung di colok ke stop kontak, mampu memberikan output 2A-3A menjadikan proses nge-charge baterai HP lebih cepat penuh.

Hindari mengecas menggunakan cabang atau T, colok langsung ke stop kontak.

9. Hindari mengecas disaat tegangan listrik rendah

Untuk anda yang tinggal di wilayah padat penduduk, umumnya pada saat sore menjelang magrib listik mengalami penurunan tegangan, dikarenakan beban trafo melebihi batas.

Hal ini berdampak tidak maksimal saat mengecas menggunakan stok kontak.

Tenang biasanya hanya sebentar kok, untuk memastikan tegangan saat magrib, bisa menggunakan aplikasi Android Ampere saat mengecas.

10. Gunakan Power bank

Nge-Charge Baterai HP AndroidJika anda seorang dengan mobilitas tinggi dan tidak memiliki waktu mengecas di stop kontak, power bank bisa menjadi pilihan terbaik, Banyak power bank yang memberikan output 2A sama seperti adapter fast charging.

Punya Tips lain Nge-charge Baterai Android?

Demikian artikel mengenai 10 tips nge-charge Baterai HP lebih cepat penuh, bisa didisimpulkan mengisi baterai sangat bergantung dengan kualitas hardware charger, dan proses yang berjalan di HP.

Punya tips lain untuk ngecas HP jadi cepat penuh? yuk share di komentar, kita dengan senang hati menambahkan ke postingan diatas. Semoga Bermanfaat.